Jumat, 08 Januari 2021

QUIZ TEKNIK PENGUMPULAN DATA (KISI-KISI BAB V)

 JAWABAN

1. 

a.Kuesioner
Kuesioner atau angket adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan
untuk dijawab oleh responden, biasanya secara tertulis. Kuesioner digunakan ketika peneliti
ingin mengetahui persepsi atau kebiasaan suatu populasi berdasarkan responden. Kuesioner
yang disebar harus diuji dulu sebelumnya untuk mengetahui jika butir-butir pertanyaan yang
dimasukkan dapat digunakan sebagai alat ukur yang valid dan reliabel. Kuesioner dapat
berupa kuesioner cetak maupun online.
b.Studi Pustaka
Teknik pengumpulan data yang juga banyak dilakukan adalah studi pustaka. Studi pustaka
mengumpulkan data yang relevan dari buku, artikel ilmiah, berita, maupun sumber kredibel
lainnya yang terkait dengan topik penelitian.
c.Wawancara
Wawancara dilakukan dengan cara tanya jawab dengan responden atau informan untuk
memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk penelitian. Wawancara digunakan untuk
menggali informasi atau persepsi subjektif dari informan terkait topik yang ingin diteliti.
Peneliti sebelumnya harus menyiapkan pertanyaan-pertanyaan wawancara terlebih dahulu.
Serupa dengan kuesioner, pertanyaan wawancara perlu diujikan kemampuannya supaya
peneliti dapat memperoleh data yang dibutuhkan.
d.Observasi
Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan lewat pengamatan langsung.
Peneliti melakukan pengamatan di tempat terhadap objek penelitian untuk diamati
menggunakan pancaindra. Peneliti diposisikan sebagai pengamat atau orang luar. Dalam
mengumpulkan data menggunakan observasi, peneliti dapat menggunakan catatan maupun
rekaman. Observasi dapat bersifat partisipatoris, yaitu ketika peneliti turut bergabung dan
melakukan aktivitas bersama objek pengamatannya.
Menurut Saya teknik pengumpulan data yang paling digunakan adalah teknik wawancara
karena kita mendapat informasi dari sumber yang membuat sebuah sistem tersebut.
Kelebihan dan kekurangan teknik wawancara:
· Informasi yang diperoleh langsung dari sumber pertama dan semua kesalahpahaman dapat
dihindari.
· Data atau informasi yang dikumpulkan sangat terbatas dan memakan waktu dan biaya
yang besar jika dilakukan dalam suatu wilayah yang luas

2.




3. 

1)      Rencanakan terlebih dahulu observasi yang akan dilakukan, meliputi:

a.       apa yang akan diobservasi;

b.      dimana letak lokasi observasi;

c.       kapan observasi akan dilakukan;

d.      siapa yang melaksanakan observasi ini;

e.      siapa yang akan diobservasi;

f.        bagaimana melaksanakan observasi ini.

2)      Minta ijin terlebih dahulu dari manajer atau pegawai-pegawai yang terlibat

3)      Bertindaklah Dengan rendah hati (low profile)

4)      Lengkapilah dengan catatan selama observasi berlangsung

5)      Kaji-ulanglah hasil observasi dengan individu-individu yang terlibat.


4. 

a. Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang sudah disediakan.

Contoh : Laporan-laporan apa saja yang telah saudara terima selama ini dan apakah laporan-laporan ini berguna atau tidak?

b. Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini mempunyai beberapa bentuk pertanyaan.

1. Check-off questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai.

Contoh :

Daftar supplier :

-Compaq               -Brurroughs

-BM                       -Commodore

-Univac                  -Apple

-DEC                      -Xerex

2. Yes/No questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.

Contoh :

- Ya

- Tidak. Bila tidak, sebutkan siapa saja yang berhak

3. Opinion/Choice questions :  macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.

Contoh :

Berilah rangking dalam presentase jumlah waktu yang saudara habiskan untuk menangani transaksi berikut :

_________  %  membuat order penjualan baru

_________  %  membuat order penjualan

_________  %  membuat faktur penjualan 

5.

a. Marketing (Wakasek Humas/Ketua Team PPDB)

Pertanyaan :

Bagaimana promosi SMK Karnas Sindangwangi dalam Program PPDB setiap tahun nya?

b. Personlia (Kepala Sekolah)

Pertanyaan :

Apa yang diharapkan pada PPDB tahun sekarang ?

c. EDP (Electronic Data Processing)

Pertanyaan :

Apakah pemrosesan data di database pendaftaran PPDB sudah relatif sederhana?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAB 10

 Perancangan Sistem Berorientasi Objek Definisi Perancangan berorientasi objek adalah suatu teknik atau cara pendekatan baru dalam melihat p...